Jurnal Analisa
Vol 2, No 3 (2016): Volume 2 Nomor 3 Terbit Bulan September Tahun 2016

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA KELAS VII-A SMPN SUKASARI SUMEDANG”.

Aan Lasmanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Hasil pembelajaran Matematika sampai saat ini belum menunjukkan hasil yang memuaskan, terlihat dari masih rendahnya hasil tes belajar yang dicapai siswa. Untuk meningkatkannya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran  kooperatif teknik Think Pair Share (TPS) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa SMPN 1 Sukasari Sumedang kelas VII A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes yaitu tes formatif dan post test. Untuk mengukur kemmapuan hasil belajar  siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi, lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru selam proses pembelajaran, dan skala sikap siswa dengan model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS.            Hasil yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa mengalami peningkatan. (b) rata-rata presentase hasil belajar siswa meningkat (c) sikap siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS secara keseluruhan adalah positif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...