Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 2, No 4 (2017): Edisi Oktober

AKTIVITAS KENDARI JUAL BELI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE “STUDI PADA GRUP FACEBOOK KENDARI JUAL BELI (KJB)”

Ade Nastria (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2018

Abstract

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Aktifitas Kendari Jual Beli (KJB) sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas Kendari Jual Beli (KJB) sebagai media komunikasi pemasaran Online.  dari penelitian ini adalah secara teoritis : penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi untuk memperluas wawasan tentang media komunikasi pemasaran Online. Secara Praktis : Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengelolah media komunikasi pemasaran Online.             Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Grup Kendari Jual Beli (KJB), orang pada anggota di Grup Kendari Jual Beli (KJB) yang aktif dalam Grup baik memasarkan ataupun membeli produk. Adapun dalam penelitian ini, menggunakan teknik Snowball Sampling dengan penentuan sampel berdasarkan informan yang dipilih dari hasil rekomendasi sebelumnya. Dengan jumlah informan 9 orang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing mix (bauran pemasaran) mengatakan bahwa bauran pemasaran di kelompokan menjadi empat kelompok yang disebut produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion).            Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat Aktifias Kendari Jual Beli (KJB) sebagai media komunikasi pemasaran Online. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bentuk aktifitas pemasaran dalam Grup Kendari Jual Beli (KJB) Online adalah sebagai berikut : Produk (product) sesuatu yang dipasarkan berupa barang atau jasa dan produk disajikan dalam bentuk informasi gambar dan file suara, harga (price) jumlah uang yang ahrus dibayar pleh pembeli untuk memperoleh produk, tempat (place) sebagai media distribusi informasi produk dan dapat juga menjadi sasaran penjualan, promosi (promotion) aktifitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pembeli untuk membelinya. Kata Kunci: media, komunikasi, pemasaran online, promosi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...