Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila
Vol 8, No 1 (2013)

PENINGKATAN MUTU DAN KOMPETENSI GURU

Jas, Jaspar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2017

Abstract

Berhasil atau tidaknya pendidikan terletak pada berbagai komponen dalam prosespendidikan guru. Apakah LPTK berhasil mendidik para pada calon guru akan ditentukanoleh berbagai komponen, salah satu komponen tersebut adalah kurikulum. Pertama,Komitmen semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, sekolah, orang tua, dan muridsendiri, untuk bersama-sama meningkatka mutu pendidikan. Kedua, menimplementasikanManajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam rangka memberika otonomisasi kepadasekolah secara penuh. Ketiga, mengangkat tenaga guru, karena saat ini Riau sajakekurangan guru . Keempat, meningkatkan kualifikasi guru, di semua jenjang dan jenispendidikan, baik melalui penyetaraan pendidikan, maupun berupa diklat-diklat. Kelima,menciptakan iklim dan suasana kompetitif dan kooperatif antar sekolah dalam rangkameningkatkan mutu pendidikan sekolah masing-masing. Keenam, pengadaan inprastruktursekolah, terutama berkenaan dengan penyediaan sarana pembelajaran, sepertilaboratorium, pustaka, UKS, dan ruang belajar yang memadai. Ketujuh, membenahimanajemen sekolah dan manajemen kelas, dan ini secara langsung akan berkaitan denganmutu pendidikan. Kedelapan, pemberdayaan secara maksimal keberadaan komite sekolahsebagai mitra sekolah.

Copyrights © 2013