PAEDAGOGIA
Vol 20, No 2 (2017): PEDAGOGIA Jilid 20, Nomor 2 (2017)

PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING-GIS UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERFIKIR KERUANGAN PADA SISWA KELAS X SMA N 1

Yasin Yusup (Pendidikan Geografi FKIP UNS)
Sigit Santoso (Unknown)
Binti Istifarida (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi kebutuhan bel­ajar siswa kelas X SMAN 1 Sragen 2016/2017, (2) menentukan kelayakan Pem­belajaran Soal Berbasis GIS (PBL-GIS) e-book yang dikembangkan di SMA N 1 Sragen tahun 2016/2017, (3) menentukan perbedaan kemampuan berpikir spasial sebelum dan sesudah menggunakan e-book PBL-GIS pada materi pelajaran Lithosfer di kelas X IPS SMA N 1 Sragen 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D). Tahapan R & D yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementa­tion, Evaluation). Hasil penelitian menunjuk­kan: (1) kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran antar media lain yang dikemas dengan kreatif dan tidak monoton dalam teks, namun perlu ditambahkan video, begitu pula penggunaan model pembelajaran outdoor bagi siswa untuk segera kenali kejadian yang terjadi di sekitarnya; (2) hasil validasi tim ahli menunjukkan nilai rata-rata 73,2% termasuk dalam kriteria yang memenuhi syarat. Uji coba tanggapan siswa menunjukkan respon positif dengan persentase 83,2% termasuk kriteria yang san­gat layak; (3) perhitungan efektivitas media pembelajaran menggunakan t-test dan hasil tarithmetic = 10,244> ttabel = 1,67. Ini berarti hipotesis penelitian diterima atau dengan kata lain, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir spasial siswa sebe­lum dan sesudah menggunakan buku berbasis PBL-GIS dalam materi pelajaran litosfer di kelas X IPS SMAN 1 Sragen. di tahun 2016/2017. Kata kunci: metode penelitian dan pengembangan, e-Book Problem Based Learning-GIS, Keterampilan Berpikir Spasial, Litosfer. 

Copyrights © 2017