PAEDAGOGIA
Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CORONG HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERKALIAN

endah yuli widi astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,129 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitupula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0 = 0,140 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhi­tungan uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung  = 9,372 > t tabel = 1,729. Maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar Matematika Siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen mencapai KKM 65 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai 85 %. Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil bela­jar Matematika materi Perkalian siswa kelas II SDN Jatiroto 01. Kata kunci : media pembelajaran corong hitung, hasil belajar matmatika

Copyrights © 2018