Pada sistem pengukuran tinggi badan dan tinggi tendangan secara manual memiliki banyak kekurangan sehingga dapat diusahakan melalui pengolahan citra digital. Pengolahan citra mampu melakukan pengenalan objek dan mengukur karakteristik objek pada citra. Penulisan ini memaparkan tentang perancangan sistem identifikasi tinggi badan dan tinggi tendangan taekwondo. Bahasa pemograman yang digunakan adalah Visual basic. Metode chess board digunakan untuk perhitungan jumlah piksel. Segmentasi pada citra melaluibeberapa tahapan yaitu grayscale, binerisasi citra dan coloring. Pada pengukuran ini akan dilakukan capture terhadap objek. Sampel citra yang digunakan sebanyak 20 sampel. Dalam proses pengambilan citra menggunakan kamera beresolusi 5 MP dengan objek dalam posisi berdiri tegak dan jarak objek dengankamera sekitar 4-5 meter. Proses pengambilan citra juga dibantu dengan penyangga kamera (tripod) yang ditetapkan ketinggiannya 120 cm agar setara dengan tinggi objek sebenarnya dan citra dalam bentuk format jpeg. Pada proses perhitungan, jumlah piksel akan dikonversi kedalam satuan panjang untuk mengukur tinggi badan manusia. Perhitungan tinggi badan dan tinggi tendangan merupakan selisih antara piksel tertinggi (y max) dan terendah (y min) dari objek. Dengan menentukan batas tepi lalu sistem mulai memproses perhitungan tinggi badan dan tinggi tendangan. Berdasarkan hasil pengujian didapat keakuratan sistem memiliki nilai persentase kesalahan rata-rata sekitar 0,82 %. Dimana dapat dikatakan sistem ini memiliki nilai kesalahan yang minim atau sedikit. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dalammelakukan pengukuran tinggi badan dan tinggi tendangan taekwondo.
Copyrights © 2016