Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 2, No 3 (2016): NERO

IMPLEMENTASI METODE ANFIS-MINKOWSKI UNTUK IDENTIFIKASI BIOMETRIK IRIS MATA MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING

Umam, Busro Akramul ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya)
Sunaryo, Sunaryo ( Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Jl. Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145)
Yudaningtyas, Erni ( Program Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Jl. Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Biometrik adalah salah satu bidang yang berkembang sangat  pesat untuk identifikasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi identifikasi biometrik iris mata manusia menggunakan metode ANFIS-Minkowski  dengan memanfaatkan image  processing yang mampu memperbaiki tingkat akurasi identifikasi yang hanya dilakukan dengan metode ANFIS saja. Sistem ini dapat melakukan pengidentifikasian pada area iris tertentu, kemudian dilakukan proses color feature extraction (ekstraksi fitur warna) dan dengan mengimplementasikan ANFIS-Minkowski , fitur-fitur warna yang dianalisa dibandingkan dengan database  sehingga dapat dikenali siapa pemiliki iris tersebut. Dari hasil penelitian, sistem ini mampu mengindentifikasi iris mata dengan ketelitian sampai 91.43% untuk proses cropping citra iris secara acak dan menghasilkan akurasi 100% untuk identifikasi dengan proses cropping dengan ukuran tetap. Teknologi ini memberikan sebuah alternatif solusi yang relatif lebih stabil dan aman untuk sebuah mekanisme identifikasi maupun proteksi dalam kemananan sistem.Kata kunci :  Biometrik, Color Feature Extraction, Image  Processing, ANFIS-Minkowski

Copyrights © 2016