Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 3, No 2 (2017): NERO

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAPORAN KEUANGAN UNTUK USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Hapsari, Rinci Kembang ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Jl Arif Rahman Hakim no. 100 Surabaya)
Azinar, Azmuri Wahyu ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Jl Arif Rahman Hakim no. 100 Surabaya)
Sugiyanto, Sugiyanto ( Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Jl Arif Rahman Hakim no. 100 Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2017

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu  penggerak perekonomian bangsa yang terbukti tahan terhadap berbagai goncangan krisis ekonomi. Dalam pelaksanaan kegiatan operasioanl UMKM belum menerapkan sistem informasi laporan keuangan yang baik sehingga tidak bisa menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Hal ini menyebabkan proses penyaluran modal sering tersendat karena pihak penyalur modal tidak memiliki akses informasi yang memadai terkait kondisi UMKM.Dengan adanya permasalahan yang ada di UMKM, maka perlu adanya suatu sistem informasi laporan keuangan yang bisa menghasilkan informasi keuangan yang diolah dari data operasional harian. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi laporan keuangan pada UMKM dapat membantu proses bisnis yang ada pada UMKM mulai dari proses pencatatan transaksi, pelaporan keuangan dan evaluasi sehingga output yang dihasilkan oleh sistem yang dibuat dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM saat ini.Kata kunci : Sistem informasi, UMKM, laporan keuangan

Copyrights © 2017