Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 2, No 1 (2015): Nero

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM PENENTUAN PRIORITAS REHABILITASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)

Fahmi, Muhammad Farid ( Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111)
Suprapto, Yoyon K ( Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
18 May 2016

Abstract

Ketersediaan informasi mengenai tingkat kekeritisan lahan yang akurat mempunyai arti yang sangatpenting dalam program RHL sehingga Priorotas DAS mana yang akan dilakukan rehabilitasi bisadiketahui. Dari permasalahan diatas diperlukan sebuah cara untuk menentukan prioritas DAS yangdirehabilitasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah K-Means Clustering. K-MeansClustering memodelkan dataset menjadi cluster-cluster dimana data pada satu cluster yang memilikikarakteristik sama dan memiliki karakteristik yang berbeda dari cluster lain berdasarkan parametertingkat kekeritisan lahan. Dari penelitian ini diperolah Kelompok DAS dengan skor rendah untuk semuaparameter kekritisan lahan sehingga memiliki tingkat kekritisan lahan tinggi dan menjadi prioritas untukdilakukan rehabilitasi.Kata Kunci: Rehabilitasi, DAS, Data Mining, K-means Clustering

Copyrights © 2015