Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 2, No 3 (2016): NERO

SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PRODUK UNGGULAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK

Irhamni, Firli ( Program Studimanajemen Informatika, Universitas Trunojoyo Madura)
Khotimah, Bain Khusnul ( Program Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo Madura)
Satoto, Budi Dwi ( Program Studimanajemen Informatika, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Sistem informasi E-Commerce Usaha Mikro Kecil Dan Menengah sebagai media yang dilengkapi fitur-fitur sebagai media promosi, dan media transaksi jual beli dengan konsumen. Industri Batik di Bangkalan ini sudah cukup banyak menggunakan sistem penjualan secara online yang dilengkapi dengan forum komunikasi kepada para konsumen. Selama ini promosi yang dilakukan hanya memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, BlackBerry messenger akan tetapi mekanisme ini masih mempunyai kesulitan dalam memperluas area pemasarannya. Perancangan sistem infomasi E-Commerce yang dibuat dengan menggunakan pemodelan sistem informasi diagram konteks, dekomposisi diagram, diagram aliran data, dan diagram entitas. Sistem informasi pemasaran ini berisi laporan penjualan, inventori persedian produk, dan proses pencarian data produk. Sedangkan hasil aplikasi sistem informasi pemasaran situs web E-Commerce mampu memberikan pilihan transaksi jual-beli kepada konsumen sehingga pengelolaan data yang lebih efektif dan penyajian informasi yang cepat. Sistem informasi pemasaran ini dibuat menggunakan pemrograman PHP dan MySQL. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pelanggan yang tersebar diberbagai kota untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap UMKM.Kata kunci: E-Commerce, UMKM, sistem informasi, jual beli online, pemodelan

Copyrights © 2016