Network Engineering Research Operation [NERO]
Vol 1, No 3 (2015): Nero

RANCANG BANGUN APLIKASI DIAGNOSA KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN METODE BACKPROPAGATION

Hapsari, Dian Puspita ( Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Arief Rachman Hakim 100, Surabaya-60117)
Nururrohman, M Tsalits ( Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Arief Rachman Hakim 100, Surabaya-60117)
Uttungga, Reza ( Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Arief Rachman Hakim 100, Surabaya-60117)



Article Info

Publish Date
09 May 2016

Abstract

Kerusakan komputer merupakan suatu masalah yang membutuhkan seorang teknisi untuk memperbaikinya. Seorang teknisi terkadang salah dalam mendiagnosa atau bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mediagnosa kerusakan. Hal itu dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan setiap teknisi yang berbeda. Untuk  mengatasi semua permasalahan itu, dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis web untuk mendiagnosa kerusakan pada komputer dengan metode Backpropagation.Setiap keluhan kerusakan diklasifikasikan menjadi sebuah pola biner, kemudian ditentukan target kerusakan dari setiap pola tersebut. Aplikasi kemudian dilatih berulangkali sampai Jaringan Saraf Tiruan dapat mengenali pola pelatihan sesuai dengan yang ditargetkan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Jaringan Saraf Tiruan dengan metode Backpropagation adalah sistem pemrosesan informasi yang bertujuan untuk melatih jaringan agar mendapatkan keseimbangan antara kemampuan jaringan untuk mengenali pola yang digunakan selama pelatihan dan kemampuan jaringan untuk memberikan respon yang benar terhadap pola masukan yang serupa (tetapi tidak sama) dengan pola yang digunakan selama pelatihan. Dari 20 kali percobaan prediksi, aplikasi dapat melakukan prediksi dengan ketepatan 100%. Sedangkan prediksi secara manual didapatkan hasil ketepatan 75%. Dengan demikian, output dari masing-masing jaringan saraf tiruan dapat dijadikan sebagai pertimbangan teknisi dalam mengambil sebuah keputusan untuk mengatasi permasalahan kerusakan Komputer. Kata kunci: Kerusakan Komputer, Jaringan Saraf Tiruan, Backpropagation.

Copyrights © 2015