Jurnal Studi Pemuda
Vol 4, No 1 (2015): PEMUDA KEWARGAAN DAN TIK

Menjadi Warga ASEAN: Anak Muda dan Politik Kewargaan di Asia Tenggara

Rizky Alif Alvian (Departemen Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada Institute of International Studies FISIPOL Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2018

Abstract

Tulisan ini berusaha untuk mendiskusikan bagaimana kewargaan anak muda di ASEAN dikonstruksi dan dipraktekkan. Dengan menganalisis sejumlah dokumen ASEAN serta menelaah sejumlah kasus, tulisan ini berpendapat bahwa kewargaan anak muda ASEAN dapat dipahami sebagai hasil dari tegangan antara dua kutub. Di satu sisi, terdapat kecenderungan untuk menuntut anak muda menjadi aktor yang relatif pasif. Anak muda diarahkan untuk mematuhi otoritas dan generasi tua, mengutamakan harmoni dan konsensus, menjauhi konflik serta kritik, serta mengutamakan nilai-nilai Timur di atas konsepsi Barat mengenai HAM dan demokrasi. Di lain sisi, terdapat kecenderungan di antara anak muda untuk menjadi lebih aktif. Anak muda menjadi aktor yang mengkritisi status quo, berani melakukan konfrontasi dengan otoritas, serta memperjuangkan demokrasi dan HAM.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalpemuda

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Studi Pemuda is a pioneer of youth studies journal in Indonesia. Jurnal Studi Pemuda aims to facilitate academic, practical, and policy discussions on youth issues from a variety of perspectives. Jurnal Studi Pemuda aims to raise critical and alternative discourse in youth studies in ...