Jurnal Humaniora
Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Humaniora

ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK DASAR

Taufik Hidayat (STKIP PGRI Pacitan)
Khoirul Qudsiyah (STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2018

Abstract

Penilaian dalam pembelajaran matematika merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah mengoptimalkan peran penilaian (assessment) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pola pikir mahasiswa pada mata kuliah statistik dasar menggunakan penerapan Assessment for Learning (AfL). Hasil dari penerapan AfL dalam pembelajaran statistik dasar sangatlah memberikan perubahan pola pikir mahasiswa yang dapat memberikan arah bagaimana sebaiknya melakukan pembelajaran statistika, pembelajaran matematika yang bermakna sehingga dapat menumbuhkan sikap tekun, teliti dan semangat memperoleh pengetahuan yang tinggi. Pembelajaran dengan penilaian AfL memposisikan peserta didik pada posisi yang setara dalam hal layanan penilaian, memungkinkan terjadinya instropeksi diri peserta didik yang berdampakpada peningkatan kemampuan bermatematika bagi peserta didik tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jh

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Terbit tiga kali setahun bulan Februari, Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan, kebudayaan, dan sosial kemasyarakatan. Artikel telaah (review article) dimuat atas ...