ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini adalah masih adanya anak didik kelompok TK B di TK Widya Semarang yang menunjukkan kemandirian yang rendah. Pola asuh orang tua memiliki peranan dalam pembentukan dan peningkatan kemandirian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kemandirian anak yangditinjau dari pola asuhorang tua.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis komparatif. Penelitian dilakukan di TK Widya Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemandirian anak usia dini yang ditinjau dari pola asuh orang tua. Kata kunci: kemandirian, anak usia dini, pola asuh orang tua ABSTRACTThe problem in this research is still the existence of students of kindergarten group B in TK Widya Semarang which shows low independence. Parenting parenting has a role in the formation and improvement of children's independence. The purpose of this study was to find out how the level of independence of children is reviewed from parenting patterns. This study uses quantitative methods with comparative analysis. The research was conducted in TK Widya Semarang. The results of this study indicate that there is a significant difference in early childhood independence in terms of parenting patterns
Copyrights © 2018