Al-Fikrah
Vol 6 (2015)

MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT

Jamaluddin, Jamaluddin ( IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Salah satu fanomena pendidikan di Indonesia dewasa ini adalah kecenderungan lepasnya tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan dan tercerabutknya lembaga pendidikan dari akar sosialnya-kemasyarakatannya. Fenomena lain semakin menjamurnya sekolah-sekolah elit yang melibatkan peran masyarakat dengan model barunya. Indonesia, sejatinya memiliki model pendidikan indegenous yaitu pesantren. Model lembaga pendidikan ini lahir dari, oleh, dan untuk masyarakat. Dalam prosesnya menjadi menjadi lembaga pendidikan yang bermakna dalam proses rekayasa sosial (social enginering), ada tiga dimensi ciri khas yang dimiliki pesantren, yaitu; dimensi kultural, edukatif, dan sosial. Ketiga dimensi ini menjadikan pesantren sebagai tipikal pendidikan berbasis masyarakat yang memiliki kekhasan dan membedakannya dari model lembaga pendidikan lainnya.Kata Kunci: Pendidikan, masyarakat, pesantren.

Copyrights © 2015