JURNAL NASIONAL TEKNIK ELEKTRO
Vol 7, No 2: July 2018

Desain Sistem Pengatur Lampu Lalu Lintas dengan Identifikasi Kepadatan Kendaraan Menggunakan Metode Subtraction

Djavendra, Geminiesty Lathifasari (Politeknik Negeri Batam)
Aisyah, Siti (Politeknik Negeri Batam)
Jamzuri, Eko Rudiawan (Politeknik Negeri Batam)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

The increasing number of vehicle causes the increasing of traffic density in which one of the main factors of congestion. Traffic density is usually alocated at certain points of roads, one at the instersection. In the novel technology, traffic in the crossroads had been controlled by traffic light using a traffic density prediction system. This prediction system would determine the duration of  active green lights and red lights at each intersection. One of the most common prediction systems is a statistical estimation of vehicle density. Other method at controlling traffic density such as visually monitoring system might be implemented to increase system performance. Therefore, this research proposes an automatically traffic control system by predicting traffic density using image processing techniques. The proposed system is using a camera to visually monitor traffic condition. The image data obtained from the camera would be processed using an image processing and background subtraction techniques. This technique compared an the captured-image with a reference image to result a subtracted-image depicted the traffic density which is represented by the number of white pixels. Based on the number of white pixels that have been obtained, the percentage of vehicle queue length and vehicle density can be determine. The percentage then sent to the microcontroller in order to control the duration of the active green light. The traffic light control system using traffic density calculation has an accuracy of up to 77.03% while using the calculation of vehicle queue length reached 91.18%.Keywords : Image processing, image subtraction, light control system, traffic density, dilation, erosionAbstrakBertambahnya jumlah kendaraan menyebabkan meningkatnya kepadatan lalu lintas yang menjadi salah satu faktor utama penyebab kemacetan. Kepadatan lalu lintas biasanya teralokasi di beberapa titik-titik tertentu di ruas jalan, salah satunya di persimpangan. Saat ini lalu lintas di persimpangan jalan diatur oleh lampu lalu lintas menggunakan sistem prediksi kepadatan lalu lintas. Sistem prediksi ini nantinya akan menentukan lama aktifnya lampu hijau dan lampu merah di setiap persimpangan. Salah satu sistem prediksi yang banyak digunakan adalah metode estimasi stastistik kepadatan kendaraan. Metode lain pengontrolan kepadatan lalu lintas seperti sistem pemantauan secara visual memungkinkan untuk diterapkan guna menambah performansi sistem. Untuk itu penelitian ini mengusulkan pembuatan sebuah sistem pengontrolan lampu lalu lintas secara otomatis dengan prediksi kepadatan kendaraan menggunakan teknik pengolahan citra. Sistem yang dibangun menggunakan kamera untuk memantau kondisi kendaraan di jalan raya. Data gambar yang didapat dari kamera kemudian diolah menggunakan teknik pengolahan citra dan teknik pengurangan citra. Teknik ini membandingkan citra objek dengan citra referensi sehingga dapat diketahui jumlah piksel putih pada citra hasil pengurangan citra. Berdasarkan jumlah piksel putih yang telah diperoleh tersebut dapat diketahui persentase panjang antrian kendaraan dan kepadatan kendaraan. Data persentase yang diperoleh kemudian dikirim ke mikrokontroler untuk mengontrol durasi nyala lampu hijau. Pengontrolan lampu lalu lintas dengan perhitungan kepadatan kendaraan memiliki akurasi hingga 77.03% sedangkan dengan perhitungan panjang antrian kendaraan mencapai 91.18%. Kata Kunci : Pengolahan citra, pengurangan citra, sistem kontrol lampu, kepadatan kendaraan, dilation, erosion

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNTE

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Nasional Teknik Elektro (JNTE) adalah jurnal ilmiah peer-reviewed yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas dengan versi cetak (p-ISSN:2302-2949) dan versi elektronik (e-ISSN:2407-7267). JNTE terbit dua kali dalam setahun untuk naskah hasil/bagian penelitian yang ...