Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2018): Maret 2018

Analisis Literasi Sains Pada Buku Ajar Kimia Kelas X Sma Negeri Di Kabupaten Bener Meriah

Khairil Anbiya (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah)
ade Ismayani (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah)
Latifah Hanum (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2018

Abstract

AbstrakAnalisis literasi sains yang dilakukan terhadap buku ajar kimia kelas X SMAN di Kabupaten Bener Meriah, bertujuan guna melihat literasi sains yang terdapat dalam  buku ajar kimia SMA kelas X yang dipakai di SMAN di wilayah Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif, Penelitian ini dilaksanakan di sepuluh SMAN yang tersebar di tujuh Kecamatan. Sampel dalam penelitian ini adalah dua buku terbanyak yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sepuluh SMAN di Kabupaten Bener Meriah. Penentuan buku sampel dilakukan dengan survey secara langsung terhadap guru yang bersangkutan menggunakan angket. Buku yang digunakan di SMAN tersebut adalah buku A, B, C dan D. Sampel dalam penelitian ini adalah buku A dan buku B. Alasan penggunaan kedua buku tersebut dikarenakan buku A merupakan sumbangan dari dinas terkait, sedangkan buku B dipilih secara pribadi oleh guru yang bersangkutan karena sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Persentase pernyataan literasi sains dalam aspek: 1) sains sebagai ilmu pengetahuan, buku A: 50,1%, buku B: 33,7%; 2) sains sebagai jalan berpikir, buku A: 15,4%, buku B: 13,7%; 3) sains sebagai cara investigasi, buku A: 26,2%, buku B: 49,6%; 4) interaksi sains, teknologi dan masyarakat, buku A: 8,3%, buku B: 3,0%. Hasil analisis literasi sains pada buku ajar kimia kelas X SMA di Kabupaten Bener Meriah memiliki proporsi yang belum seimbang.Kata kunci: literasi sains, pembelajaran kimia, buku ajarAbstractAnalysis of science literacy conducted on textbooks of chemistry class X SMAN in Bener Meriah Regency, aims to see the science literacy contained in textbooks of high school chemistry class X used in SMAN in Bener Meriah regency. This research uses qualitative approach. This research was conducted in ten SMANs spread in seven subdistricts. The sample in this research is the two most used books used by teachers in the learning process in ten SMAN in Bener Meriah Regency. Determination of sample book is done by direct survey of the teacher in question using questionnaire. The books used in the SMAN are books A, B, C and D. The sample in this study is book A and book B. The reason for the use of both books is because book A is a donation from the relevant offices, while book B is personally selected by the teacher because it is in accordance with the applicable curriculum. Percentage of literacy statement of science in aspects: 1) science as a science, book A: 50.1%, book B: 33.7%; 2) science as a way of thinking, book A: 15.4%, book B: 13.7%; 3) science as a way of investigation, book A: 26.2%, book B: 49.6%; 4) interaction of science, technology and society, book A: 8.3%, book B: 3.0%. The results of science literacy analysis in chemistry textbook class X high school in Bener Meriah Regency have unbalanced proportions.Keywords: literacy science, chemistry learning, textbooks 

Copyrights © 2018