Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 4, No 1 (2016)

PENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPN 6 BOLANO LAMBUNU

Sari, Ratna (Unknown)
Paloloang, Baharuddin (Unknown)
Mallo, Bakri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan langkah Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita SPLDV di kelas VIII  SMPN 6 Bolano Lambunu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita SPLDV di kelas VIII SMPN 6 Bolano Lambunu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) membuat perencanaan, (3) melaksanakan perencanaan, dan (4) mengecek kembali.Kata Kunci: langkah Polya, hasil belajar dan soal cerita SPLDV

Copyrights © 2016