Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 5, No 1 (2017)

PENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALU

Rafika, Rafika (Unknown)
Anggraini, Anggraini (Unknown)
Paloloang, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan Langkah Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII B1 SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan di kelas VIII B SMP Negeri 14 Palu tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 26 orang. Subjek penelitian yang dipilih sebagai informan didasarkan pada hasil tes awal dan pertimbangan guru matematika kelas VIII B1 SMP Negeri 14 Palu. Langkah Polya yang diterapkan terdiri atas 4 langkah yaitu: (1) Memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian (3) melaksanakan perencanaan, (4) mengecek kembali prosedur dan hasil penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII B1 SMP Negeri 14 Palu.Kata kunci: Langkah Polya, hasil belajar, soal cerita sistem persamaan linear dua variabel.

Copyrights © 2017