AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME DARI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALU

Muzdalivah, Muzdalivah (Unknown)
Tandiayuk, Marinus B. (Unknown)
Anggraini, Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitianini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume dari kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitianKemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu yang berjumlah 20 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume dari kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu melalui fase-fase sebagai berikut: 1) informasi, 2) orientasi langsung, 3) penjelasan, 4) orientasi bebas dan 5) integrasi.Kata kunci: model pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, luas permukaan dan volume dari kubus dan balok.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...