Jurnal Simetris
Vol 8, No 2 (2017): JURNAL SIMETRIS VOLUME 8 NO 2 TAHUN 2017

PENENTUAN KUALITAS BIJI KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PERKEBUNAN KOPI LERENG GUNUNG KELIR JAMBU SEMARANG)

Kurniawan, Wahyu Muhammad (Unknown)
Hastuti, Khafiizh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penentuan kualitas biji kopi memerlukan keahlian. Kriteria penentuan kualitas biji kopi mengacu pada penentuan kualitas biji kopi skala internasional. Perkebunan kopi Gunung Kelir Jambu Semarang merupakan salah satu perkebunan yang ada di Indonesia, menggunakan kriteria nilai kadar air, nilai cacat biji, dan ketinggian lahan untuk penentuanĀ  kualitas kopi. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Heirarchy Process (AHP) yang dapat menghasilkan output berupa perangkingan yang dihitung berdasarkan input dan nilai bobot. Nilai bobot tersebut dapat disesuaikan dengan penentuan kriteria yang akan diterapkan. Hasil dari penelitian berupa suatu aplikasi yang dapat menentukan kualitas biji kopi dengan input kadar air, cacat biji, dan ketinggian lahan dengan menggunakan metode AHP.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

simet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Simetris terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu untuk periode April dan periode November. Naskah yang diajukan adalah karya ilmiah orisinal penulis dalam bidang teknik elektro, teknik mesin atau ilmu komputer, yang belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitan di ...