Judul Penelitian ini EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL EDUCATION ) DALAM MEMBEKALI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BINA PUTRA SALATIGAUNTUK DAPAT BERTAHAN HIDUP DI MASYARAKAT ( Penelitian Pada Tahun Pelajaran 2016/2017 ).Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup ( Life Skill Education ) dalam membekali anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Putra Salatiga untuk dapat bertahan hidup di masyarakat ( Penelitian pada tahun pelajaran 2009/2010 )Sesuai dengan tujuan peneliltian , maka metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif . Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa SMPLB Bina Putra Salatiga pada tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 13 orang siswa . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung tentang Efektifitas Bimbingan pribadi dari para guru dalam memberikan pendidikan kecakapan hidup ( Life Skill Education ) , jenis dan macam kecakapan hidup, hambatan , kesulitan dalam memberikan keterampilan pada siswa SLB Bina Putra Salatiga tingkat SMPLB .Untuk menguji data digunakan teknik triangulasi data, triangulasi peneliti dan triangulasi metodologi . Sedangkan analisis yang ditempuh dengan pengumpulan data , reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan .Dari hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa Anak berkebutuhan khusus dengan keanekaragaman karakteristiknya akan berhasil mempelajari Kecakapan hidup ( Life Skill ) yang dijarkan dengan bimbingan pribadidari para guru sebagai bekal agar mereka kelak memiliki keterampilan yang dapatdipergunakan untuk bertahan hidup di masyarakat di kelak kemudian hari.
Copyrights © 2016