Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 4, No 1 (2018): July

Penerapan Media Wain Word dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Tunarungu

Yurika Nurani Dwiningtyas (State University of Malang)
Sulthoni Sulthoni (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2018

Abstract

Tunarungu merupakan anak yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar sehingga anak memiliki gangguan dalam berkomunikasi dan berbahasa. Dengan keterbatasan pemerolehan bahasa, anak tunarungu memiliki hambatan yaitu ketidakteraturan dalam menyusun letak kata menjadi susunan kalimat yang benar sesuai dengan struktur SPOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wain word terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia siswa tunarungu kelas IX di SMPLB.Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design serta menggunakan teknik analisis uji t.Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test. Hasil yang diperoleh adalah nilai , yaitu 8,33 ≥ 2,998. Kesimpulan penelitian ini adalah media wain word dapat mempengaruhi kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia lebih baik pada siswa tunarungu kelas IX di SMPLB. Saran bagi guru yaitu menggunakan media pembelajaran ini sebagai bahan referensi untuk pembelajaran. Kata Kunci: Anak tunarungu, kemampuan menyusun kalimat, media wain word.Deaf is a child who has lost the ability to hear so that children have interference in communication and language. With the limitation of language acquisition, deaf children have obstacles that are irregularities in arranging the location of the word into the correct order of sentences in accordance with the structure SPOK. This study aims to determine the effect of wain word media, on the ability to compose Indonesian sentences deaf students in the grade IX in SMPLB.This research use pre-experiment design method with one group pretest-posttest design research and use t test analysis technique.The results showed a significant difference between pre-test results and post-test results. The result is t_count> t_tabel, that is 8,33 ≥ 2,998. The conclusion in this research is wain word media can influence the ability of compiling Indonesian sentence better on deaf student in the grade IX in SMPLB. Suggestion for teacher that is using this instructional media as reference material for learning.

Copyrights © 2018