Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu elemen yang penting dalam kerangka sustainability, yang mencakup aspek ekonomi, lingkungan dan sosial budaya. CSR merupakan proses penting dalam pengelolaan biaya dan keuntungan kegiatan bisnis dengan stakeholders baik secara internal maupun eksternal. Sudah banyak perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang melaporkan pelaksanaan CSR dan mendesain program CSR. Faktor-faktor yang mempengaruhi suatu perusahaan untuk melaporkan dan mendesain program CSR-nya pun berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam perbandingan pelaporan CSR dan desain program CSR pada perusahaan di Indonesia yang bergerak disektor telekomunikasi. Penelitian dilakukan pada tiga perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas tetapi dengan kepemilikan yang berbeda, yaitu PT Telkom, Tbk., PT Indosat, Tbk., dan PT XL Axiata, Tbk. Temuan dari hasil penelitian ini terdapat pada perbedaan fokus program CSR. PT Telkom, Tbk. cenderung berfokus pada program pelestarian lingkungan dan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL), sedangkan PT Indosat, Tbk. berfokus pada program kesehatan dan pendidikan dengan konsep inovasi digital, dan PT XL Axiata, Tbk. fokus program CSR pada pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. PT Telkom dan PT XL memisahkan laporan CSR di Laporan Keberlanjutan, sedangkan PT Indosat menggabungkannya didalam Laporan Tahunan.
Copyrights © 2018