Shautut Tarbiyah
Vol 38, No 24 (2018): Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Keagamaan

Kebijakan Pendidikan di Sulawesi Tenggara (Memadu Mutu, Afirmasi, dan Partisipasi)

Karno, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2018

Abstract

Abstrak            Politik dan pendidikan dapat menyatu dalam sebuah ruang kebijakan pendidikan. Orientasi ideal politik untuk kemaslahatan manusia dapat terjawab melalui perlakuan baik pada pendidikan. Hal ini dibuktikan oleh provinsi Sulawesi Tenggara melalui kebijakan afirmasi dalam bentuk pemberian beasiswa bagi masyarakat berprestasi. Kebijakan ini diwujudkan dalam program Cerdas Sultraku sejak 2011 dibawah komando Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Kebijakan ini telah menjembatani ribuan pemuda potensial Sulawesi Tenggara untuk mendapatkan pendidikan, pada jenjang menengah maupun pendidikan tinggi. Tulisan ini hanya meropong implementasi kebijakan ini pada jenjang pendidikan tinggi, yang mencakup empat aspek yakni: kebijakan afirmatif pendidikan di Sulawesi Tenggara; peraturan kendali mutu bagi penerima beasiswa masyarakat berprestasi; kompetensi target bagi penerima beasiswa masyarakat berprestasi; dan keterpakaian lulusan program beasiswa masyarakat berprestasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, peneliti melakukan pembacaan dokumen dan melakukan wawancara dengan berbagai sumber relevan, untuk mendalami kebijakan pemberian beasiswa masyarakat berprestasi di Sulawesi Tenggara. Melalui proses reduksi, display, dan verifikasi, penelitian menghasilkan temuan-temuan antara lain: pertama, kebijakan afirmatif pendidikan di Sulawesi Tenggara didasarkan pada sebuah peraturan gubernur Sulawesi Tenggara; kedua, peraturan kendali prestasi ditetapkan dalam sebuah keputusan rektor; ketiga, kompetensi target meliputi aspek akademik, penguasaan bahasa asing, akhlak mulia, dan penguasaan IT; keempat, keterpakaian lulusan penerima beasiswa masyarakat berprestasi masih rendah, terutama pada instansi-instransi pemerintah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Mutu, AfirmasiAbstract            Politics and education can unite in an educational policy space. The ideal political orientation for human benefit can be answered through good treatment of education. This is evidenced by the province of Southeast Sulawesi through affirmation policy in the form of scholarships for outstanding community. This policy is realized in the "Cerdas Sultraku" program since 2011 under the command of Southeast Sulawesi Governor, Nur Alam. This policy has bridged thousands of potential youths of Southeast Sulawesi to get education, at both middle and higher education levels. This paper only discusses the implementation of this policy at higher education level, which includes four aspects namely: affirmative education policy in Southeast Sulawesi; quality control regulations for awardees of excellent community scholarships; target competencies for awardees of excellent community scholarships; and the application of graduates of excellent scholarship program. Using a qualitative approach and descriptive method, the researcher conducted document readings and conducted interviews with various relevant sources, to explore the scholarship policy of outstanding community in Southeast Sulawesi. Through the process of reduction, display, and verification, the research produced findings such as: first, the affirmative education policy in Southeast Sulawesi was based on a governance regulation of Southeast Sulawesi; second, the rules of achievement control are defined in a rectors decision; third, target competencies include academic aspects, foreign language proficiency, noble character, and mastery of IT; fourth, the graduation of graduate recipients of underachievers is still low, especially in government agencies, both provincial and district / city levels. Keywords: Education Policy, Quality, Affirmation

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

shautut-tarbiyah

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Shautut Tarbiyah adalah satu dari banyak jurnal yang ada di IAIN Kendari yang membahas Ilmu-Ilmu Sosial dan ...