AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VIISMPN SATU ATAP LIK LAYANA INDAH

Anriani, Anriani (Unknown)
Rochaminah, Sutji (Unknown)
Sudarman Bennu, Sudarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHTyang dapat meningkatkan hasilbelajarsiswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII SMPN Satu Atap LIK Layana Indah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII SMPN Satu Atap LIK Layana Indah yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa, 2) penyajian informasi, 3) penomoran,4) pengajuan pertanyaan atau masalah, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban atau evaluasi, dan 7) pemberian penghargaan.Kata Kunci:  Koopertif tipe NHT, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...