Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHTyang dapat meningkatkan hasilbelajarsiswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII SMPN Satu Atap LIK Layana Indah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII SMPN Satu Atap LIK Layana Indah yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa, 2) penyajian informasi, 3) penomoran,4) pengajuan pertanyaan atau masalah, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban atau evaluasi, dan 7) pemberian penghargaan.Kata Kunci:Â Koopertif tipe NHT, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Copyrights © 2016