Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 10 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Lampasio

Berlian, Berlian (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2015

Abstract

Permasalahan penelitian ini, apakah kemampuan siswa berbicara dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran pada siswa kelas III SDN Lampasio? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Lampasio. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, Observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 25 siswa Kelas III SDN Lampasio. Data aktivitas belajar dan data hasil belajar siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal 61% yang berada pada kategori cukup/rendah, pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa  secara klasikal meningkat menjadi 86% yang berada dalam kategori tinggi/baik metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa pada pratindakan 62,75 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 20% berada pada kategori kurang,  pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat 63 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi  32% berada pada kategori tinggi, pada siklus II rata-rata skor  hasil belajar siswa meningkat 76,75 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 92% berada pada kategori  sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Kemampuan Berbicara

Copyrights © 2016