Quagga
Vol 8, No 2 (2016)

IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENURUNKAN BEBAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KUNINGAN

Tifa Sophia Latifah (Universitas Kuningan)
Anna Fitri Hindriana (Universitas Kuningan)
Haruji Satianugraha (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru jarang menggunakan media yang mendukung pada proses pembelajaran sehingga cara belajar siswa identik dengan menghafal. Permasalahan ini akan membebani siswa dalam menerima informasi, sehingga siswa memiliki beban kognitif yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media audio visual dapat menurunkan beban kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 7 Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 7 Kuningan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 9 kelas sebanyak 378 siswa. Sampel penelitian ini terpilih sebanyak 79 siswa yaitu kelas VIID dan VIIE. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group” Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen lembar usaha mental penggunaan media audio visual digunakan untuk mengukur penurunan beban kognitif (extraneous load), serta  Instrumen test objektif untuk mengukur menurunkan beban kognitif (germane load) sehingga berdampak pada meningkatnya penguasaan konsep siswa. Uji normalitas dari pretest dan posttest menggunakan chi-kuadrat,uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil usaha mental yang diperoleh yaitu rata-rata 2 ini menunjukan bahwa usaha mental yang dilakukan siswa dalam pembelajaran menggunakan media audio visual rendah maka terdapat penurunan extraneous load. Rata-rata hasil tes objektif kelas eksperimen 85,13 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 75,66 maka terdapat penurunan germane load. Pengujian hipotesis berdasarkan data diperoleh hasil yaitu 3,23 2,65 ini berarti thitung ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan beban kognitif dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran.Kata kunci : Media Audio Visual dan Beban Kognitif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...