Quagga
Vol 9, No 02 (2017)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI LISTRIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Dede Dahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas  ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil ketuntasan siswa pada materi hubungan energi dan daya listrik hanya mencapai 58% dari jumlah 33 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Solusi tindakan yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik sehingga memfokuskan siswa untuk mencari dan menggali sendiri informasi dan solusi dari masalah yang dihadapi dari materi energy listrik. . Penelitian ini dinyatakan berhasil bila kriteria ketuntasan mencapai lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui pada siklus bahwa melalui pendekatan saintifik pada materi energy listrik nilai KKM siswa meningkat menjadi 76% dan pada siklus kedua KKM siswa meningkat kembali menjadi 91%, maka dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi energy listrik pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Kata Kunci: prestasi belajar  materi energi listrik, pendekatan saintifik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...