Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
Vol 2 No 2 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2018)

Metode Waterfall Pada Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi

Verra Sofica (Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Darisma Hidayat (Manajemen Informatika, AMIK BSI Bekasi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Guru memiliki peran untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa sehingga dapat mendukung perkembangan aspek-aspek pribadi, sosial, karir, dan akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah aplikasi pengisian laporan untuk bimbingan dan konseling berbasis web dengan metode Waterfall. Penelitian dilakukan di SMK Nurjamilah Bekasi. Permasalahan yang ada pada SMK Nurjamilah Bekasi terdapat masalah dimana laporan bimbingan konseling masih menggunakan buku dan pengarsipan dokumen yang kurang efektif, maka perlu dibuat Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi Berbasis Web menggunakan metode Waterfall dan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JavaScript, MySQL sebagai perangkat lunak untuk merancang database dan Dreamwever CS6 sebagai text editor, sehingga dapat membantu mempermudah guru bimbingan konseling dalam melakukan pelaporan bimbingan dan konseling melalui aplikasi berbasis web. Selain itu kepala sekolah, guru, orang tua dapat memantau laporan melalui aplikasi web bimbingan konseling sedangkan siswa dapat melihat hasil bimbingan konseling melalui aplikasi yang dapat diakses. Kata Kunci: Aplikasi Bimbingan Konseling, Metode Waterfall

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...