Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2018): MEI 2018

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS DI SD NEGERI 71 BANDA ACEH

Aliffiani HS (Unknown)
Alfiati Syafrina (Unknown)
M Husin M. Husin. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan variasi stimulus di SD Negeri 71 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan variasi stimulus di SD Negeri 71 Banda Aceh.         Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianya deskriptif. Populasinya adalah seluruh guru kelas di SD Negeri 71 Banda Aceh dengan Sampel sebanyak 6 guru kelas. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara.Observasinya dilakukan kepada 6 guru mengajar yaitu kelas I sampai kelas VI yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 13 Maret 2017. Untuk melihat kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan variasi stimulus dan teknik wawancaranya dilakukan kepada 6 orang guru kelas I sampai kelas VI. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan data.         Berdasarkan hasil analisis data dan hasil dari penelitian ini diketahui bahwasanya selama proses belajar mengajar guru sudah baik dalam pemberian suara, jeda, media visual, dan interaksi guru terhadap siswa. Namun masih kurang dalam penggunaan media audio dan yang dapat diraba, dan interaksi siswa terhadap siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan variasi stimulus di SD Negeri 71 Banda Aceh sudah baik.

Copyrights © 2018