Indonesian Journal of History Education
Vol 4 No 1 (2016): Indonesian Journal of History Education

Pengaruh Pemanfaatan Penugasan Berbasis Proyek Tentang Sejarah Kota Lama Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang

Septiyaningsih, Imada Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2017

Abstract

Pembelajaran sejarah sangat penting bagi kehidupan sehari-hari namun sayangnya banyak masalah yang muncul seperti asumsi bahwa pembelajaran sejarah membosankan atau bahkan pengulangan materi. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar sejarah siswa yang tidak diajar dengan penugasan berbasis proyek dan dengan siswa yang diajar dengan penugasan berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 114,125 dan kelas kontrol sebesar 110,125, sehingga dalam penghitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa penugasan berbasis proyek berkontribusi sebesar 24% sementara 76% dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, kelas pemanfaatan penugasan berbasis proyek tentang sejarah kota lama terhadap motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada kelas yang tidak memanfaatkan. History learning is very importance for us but many problem here such as history learning made us borred and matterial repeated. So, this research used kuantitative method with experiment design and have purpose to know learning motivation history student class XI SMA Negeri 3 Semarang, and to know learning motivation history student who didn’t gave with project based learning and who gave with project based learning. The result of this research showed that averaged pre test value of experiment class 114,125 and control class 110,125, so as we know that coeficient determination show that project based learning 24% and 76% have been influenced by the other factor. So, project based learning class have motivation influenced.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...