Berdasarkan data awal di kelas V A SDN I Waruroyom Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, pada umumnya siswa kurang memahami materi pembelajaran. Hal ini disebabkan karena saat proses pembelajaran, guru tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang tepat. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tindakan perbaikan dengan menggunakan media kartu kwartet, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu kwartet. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu kepada desain Kemmis dan Taggart. Data awal hanya 4 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 9 siswa (45%). Pada siklus II, siswa yang tuntas 15 siswa (75%), dan pada siklus III siswa yang tuntas 18 siswa (90%). Hal ini melebihi target yang diharapkan, yaitu 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kwartet pada materi peninggalan sejarah Hindu-Buddha di Indonesia dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2016