Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)
2016: Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2016

Profil Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Bebas Bermuatan Multirepresentasi

Nita Depit Setyani (Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta)
C Cari (Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta)
A Suparmi (Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Sarwanto Sarwanto (Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Jeffry Handhika (IKIP PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Pembelajaran fisika meliputi teori, hukum, persamaan matematis, dan kemampuan analisis konsep.  Pembelajaran secara multirepresentasi membantu mahasiswa untuk memahami konsep fisika lebih baik. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis yang membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Melalui model pembelajaran inkuiri, mahasiswa belajar dengan menemukan sendiri konsep fisika melalui metode ilmiah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan modul fisika berbasis inkuiri bebas bermuatan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diperoleh menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan modul fisika berbasis inkuiri bebas bermuatan multirepresentasi perlu dilakukan untuk membantu mahasiswa memahami konsep secara mandiri dan merubah pola pikir mahasiswa yang cenderung menghafal persamaan. Kata kunci: modul, inkuiri bebas, multirepresentasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

prosidingsnfa

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Physics

Description

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) merupakan media untuk mempublikasikan hasil Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya (SNFA) yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana, Universitas Sebelas ...