Journal of Natural Science and Integration
Vol 1, No 1 (2018): JNSI

Profil Kesadaran dan Strategi Metakognisi Siswa SMP Negeri SeKecamatan Kampar

Giovanni Efrilla (Unknown)
Sri Amnah (Unknown)
Evi Suryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesadaran dan strategi metakognitif siswa kelas VII semester ganjil untuk tahun akademik 2014/2015. Pengambilan data dilakukan pada bulan Desember 2014. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan inventaris, kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di kecamatan sekolah menengah negeri Kampar dengan jumlah sampel 409 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang masuk dalam kategori belum berkembang (BB) dan masih belum berkembang (MSB) tidak memiliki (0%). Sejumlah 1,26% siswa masuk kategori kurang berkembang (BBB); 16,91% siswa termasuk dalam kategori mulai tumbuh (MB); 68,23% siswa termasuk kategori dikembangkan dengan baik (SBB atau OK); dan 13,6% siswa masuk dalam kategori tumbuh dengan sangat baik (BSB atau super). Sejumlah 47,28% siswa telah dilatih dalam penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran. Strategi metakognitif yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran adalah mempersiapkan ringkasan, menggarisbawahi bahan bacaan, dan membuat pertanyaan dan menjawabnya (26,41%); menyiapkan ringkasan dan menggarisbawahi bahan bacaan (18,09%); menyiapkan ringkasan, menggarisbawahi bahan bacaan, membuat peta konsep, dan membuat pertanyaan dan menjawabnya (10,76%), dan menyiapkan ringkasan (10,76%).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...