(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 1 No. 1 (2017)

Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD/MI

Purniadi Putra (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah supaya pembelajaran IPA di SD/MI dilaksanakan dalam rangka mengembangkan potensi siswa dalam menunjukkan perilaku ilmiah yaitu memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, mengetahui dan memahami konsep dasar dalam memecahkan masalah-masalah sosial sesuai dengan perkembangan psikologisnya, mengembangkan keterampilan berfikir kritis, memperkuat identitas kebangsaan, rasa cinta tanah air, membangun diri sendiri agar survive dalam segala kondisi serta bertanggung jawab membangun masyarakat beradab berdasarkan nilai-nilai universal kemanusiaan. Metode yang dipergunakan adalah metode pustaka dengan cara menelaah referensi yang terkait dalam bentuk teori dan hasil penelitian dalam bentuk jurnal maupun buku ajar Kelas IV SD/MI. Hasil penelitian bahwa etnopedagogi menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar. The purpose of this study is that science learning in SD / MI is implemented in order to develop students' potential in showing the scientific behavior of having curiosity; objective; honest; thorough; careful; persistent; Watch Out; to be responsible; open; and care of the environment in daily activities as a form of implementation of attitude in doing scientific inquiry and discussing in order to have awareness and concern for society or its environment, knowing and understanding basic concept in solving social problems in accordance with its psychological development, developing critical thinking skill, national identity, love of the homeland, self-building in order to survive in all conditions and responsible to build a civilized society based on universal values ​​of humanity. The method used is the literature method by reviewing related references in the form of theory and research results in the form of journals and textbooks Class IV SD / MI. The results of research that ethnopedagogi become one of alternative approach of learning that can be used to develop science learning process by using local wisdom value as learning resource.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...