(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 2 No. 1 (2018)

Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

Zeni Hafidhotun Nisak (STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Pendidikan inklusif sejauh ini prakteknya sukar untuk ditemui, tetapi tawaran pendidikan inklusif yang mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali dengan pola sistem yang menyesuaikan anak dan bukan sebaliknya paling tidak telah menginklusi orang-orang yang tereksklusi dengan mutu pendidikan yang sama. manfaat lingkungan pembelajaran yang inklusif adalah sebagai berikut: Manfaat bagi anak yaitu: kepercayaan diri anak menjadi lebih berkembang; bangga pada diri sendiri atas prestasi yang diperolehnya; dapat belajar secara mandiri dengan mencoba memahami dan mengaplikasikan pelajaran di sekolah dalam kehidupan sehari-hari; mampu berinteraksi secara aktif bersama teman dan guru; belajar menerima perbedaan dan beradaptasi terhadap perbedaan; dan anak menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Pembahasan dalam tulisan ini adalah deskriptif analitis menggunkan literatur yang relevan dengan pertanyaan-pertanyan yang muncul berdasarkan latar belakang masalah yang ada. Semua teori ataupun fakta yang ada dialisis sedemikan rupa untuk menggambrakan kondisi ideal yang harus dimiliki sebuah negara dalam era digital yang semakin pesat dan berkembang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...