(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 1 No. 1 (2017)

Persepsi Mahasiswa Terhadap Eksistensi Pancasila di Era Globalisasi

Takiddin Takiddin (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap eksistensi Pancasila di era globalisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimanapun kondisi bangsa di era globalisasi ini, mahasiswa PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai responden masih meyakini bahwa Pancasila masih sangat relevan dengan kondisi kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Pancasila dipandang mampu menjadi salah satu faktor perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu agar Pancasila lebih dipahami dan diamalkan oleh bangsa ini, pendidikan Pancasila harus lebih ditingkatkan jumlah jam pelajaran dan kualitas pembelajarannya. This study aims to determine the perception of students PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta against the existence of Pancasila in globalization era. The research method that used in this research is survey method with data collection technique in the form of questionnaire, interview, observation and literature study. The result of research shows that no matter the condition of the nation in this globalization era, students of PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta as a respondent in this research still believe that Pancasila is still relevant to Indonesian nation and state. Pancasila is considered to be one of the factors of glueing unity and unity of the Indonesian nation. Therefore, in order to Pancasila to be better understood and practiced by this nation, Pancasila education should be increased more the number of lessons and the quality of its learning.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...