(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 2 No. 1 (2018)

Pergulatan Ideologi Islamisasi Dalam Ideologi Nasional (Studi Sekolah Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Kota Jambi)

Najmul Hayat (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Tulisan ini terlahir dari “keterpesonaan” penulis untuk melihat sejauhmana kontestasi pergulatan atau dominasi muatan ideologi Islamisasi dalam ideologi Nasional di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi Jambi, serta implikasinya terhadap siswa dan orang tua dalam konteks kehidupan pribadi, keluarga masyarakat, dan bernegara. Metodologi penelitian yang penulis gunakan adalah tinjauan pustaka, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menyimpulkan bahwa muatan Ideologi Islamisasi tergambar ke dalam 5 aspek yaitu : a) Aspek Visi, Misi, dan Tujuan, b) Karakteristik, c) Program, d) Program Pengembangan, dan e) Aspek Kegiatan Belajar di SIT Nurul Ilmi Kota Jambi.Ke lima muatan ini berimplikasi dalam bentuk meningkatnya kualitas dan kuantitas ke-Islamandan ke-Indonesiaan siswa dan orang tua secara terpadu dalam bingkai NKRI. Pergulatan ideologi hanya berada pada upaya membangun warga sekolah yang “Islami”, bukan mengarah ke “formalisme” Islam pada arus politik, pemerintahan, dan kekuasaan. Eksistensi SIT Nurul Ilmi Kota Jambi, tetap berada pada wilayah posisi gerakan Islam Inklusif-Strategis, bukan pada gerakan IslamSimbolik-Eksklusif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...