Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF ROBOTIC INVENTION SYSTEM PLATFORM MINDSTORM NXT MENGGUNAKAN METODE INKUIRI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PLAYER ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS DHYANA PURA )

I Made Kusuma Wijaya (Unknown)
Putu Wida Gunawan (Unknown)
I.G.N Anom Cahyadi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

ABSTRACT2)anomcahyadi@undhirabali.ac.idLearning media is an intructional component that includes messages, people, and tools.Learning media can also be interpreted as a tool that serves to convey the message of learning. Toconvey learning messages, teachers typically use teaching aids such as books, pictures, maps,models, or other tools. In order to provide concrete experience, motivation to learn, and increaseabsorption. Learning media should be effective and in accordance with the needs of students. Inthe development of learning media follow the development of technology Dhyana Pura Universityis one of the campuses located in the city of Denpasar. Where the University Dhyna Pura hasmany courses, especially in informatics engineering courses. In the course of robotics NXT still alittle tutorial and how to assemble NXT in NXT robotics courses. Then from that step done is tomake an aplikasimedia NXT desktop-based robotics learning to simplify and reproduce thetutorial on the course of robotics NXT.Keyword : Universitas Dhyana Pura, Media Pembelajaran, Robotika NXTABSTRAKMedia pembelajaran merupakan komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, danperalatan. Media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untukmenyampaikan pesan pembelajaran. Untuk menyampaikan pesan pembelajaran, biasanya gurumenggunakan alat bantu mengajar seperti buku, gambar, peta, model, atau alat -alat lain. Agardapat memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar, dan meningkatkan daya serap. Mediapembelajaran harus efektif dan sesuaiĀ  dengan kebutuhan siswa. Dalam perkembangannya mediapembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Universitas Dhyana Pura merupakan salah satukampus yang terletak di kota Denpasar. Dimana Universitas Dhyana Pura memiliki banyakprogram studi khususnya di program studi teknik informatika. Pada mata kuliah robotika NXTmasih sedikit tutorial dan cara perakitan NXT pada mata kuliah robotika NXT. maka dari itulangkah yang dilakukan adalah membuat suatu aplikasimedia pembelajaran robotika NXT berbasisdesktop untuk mempermudah dan memperbanyak tutorial pada mata kuliah robotika NXT.Kata kunci : Universitas Dhyana Pura, Media Pembelajaran, Robotika NXT

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan komputer. Jurnal ini merupakan sarana bagi peneliti di bidang ilmu teknologi informasi dan komputer untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Redaksi penyunting jurnal ...