Jurnal Inovasi Bisnis (Inovbiz)
Vol 6, No 1 (2018)

ANALISIS PENERAPAN TRANSAKSI JUAL BELI SYARIAH DI PASAR SYARIAH

Idel Waldelmi (Universitas Lancang Kuning)
Afvan Aquino (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi akan konsep penerapan transaksi jual beli syariah di pasar Syariah Ulul Albab Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Riau. Berdasarkan data dilapangan membuktikan bahwasannya transaksi jual beli syariah di pasar syariah sudah diterapkan oleh pedagang yang ada di pasar syariah tersebut. Dimana penerapan yang tertinggi dengan penerapan sesuai dengan skor 4,388, terdapat pada bahasan kemaslahatan bahwasannya segala bentuk kebaikan dan manfaat yang berdimensi duniawi dan ukhrawi, material dan spiritual, serta individual dan kolektif harus lebih di kedepankan untuk hidup yang lebih baik. Selain itu juga, terdapat variable yang terendah dengan angka sebesar 3,668 yakni pada Prinsip persaudaraan (ukhuwah) esensi dari  nilai universal yang menata interaksi sosial dan harmonisasi kepentingan para pihak untuk kemanfaatan secara umum dengan semangat saling tolong-menolong. Ini berarti pada nilai ukhuwah yang masuk kategori cukup, artinya nilai ini masih belum diterapkan dengan sepenuhnya oleh pedagang pasar syariah dalam melaksanakan transaksi jual beli. Penerapan transaksi jual beli syariah di pasar syariah ulul albab Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar – Riau sebabkan oleh 3 faktor utama antara lain faktor pengelola/pedagang, pelanggan dan konsep itu sendiri yang tidak ada yakni konsep jual beli syariah. Untuk membuktikan secara ilmiah akan dari penerapan jual beli syariah digunakan metode analisis pendekatan deskriptif kuantitatif. Survey yang dilakukan kepada 50 orang pedagang secara acak/random sampling yang melakukan aktivitas jual beli di pasar syariah ulul albab

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IBP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inovasi Bisnis (Inovbiz) focuses on how we gain knowledge through innovation and how knowledge encourages the innovation both in economics and business. It is provided for writer, researcher, professor, and practitioner who want to publish their research reports or articles, theoritical or ...