Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian
Vol 8, No. 2 November 2013

Kekuatan Multimedia, Kreativitas Mahasiswa dan Hasil Belajar Mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari

Aliwar Aliwar (Dosen STAIN Kendari)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan mediapembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar media pembelajaran padamahasiswa STAIN Kendari. Desain yang digunakan adalah treatment by level2x2. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava duajalan untuk melihat efek utama dan interaksi, selanjutnya menggunakan ujiTukey untuk melihat efek sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di STAINKendari yang melibatkan 108 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran denganmultimedia lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapatmedia konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan mediapembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar media pembelajaran,dan (3) pada mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi, hasil belajar mediapembelajaran mahasiswa yang diberi multimedia lebih tinggi dari padamahasiswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar dalam prosespembelajaran mempertimbangkan aspek kreativitas dalam menggunakanpenggunaan media pembelajaran, karena tidak ada satu penggunaan mediapembelajaran yang tepat untuk semua mata kuliah.Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Kreativitas, Hasil BelajarMedia Pembelajaran

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

al-izzah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-Izzah receive article from academics, researchers, and students national and international in the field of Muslim community, education, culture, gender, and any social religious issues. The articles published in the journal Al-Izzah covers scientific research result as a priority research, ...