Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta.Bentuk penelitian kuantitatif. Populasinya semua siswa kelas VIII B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kemampuan interaksi sosial siswa, melalui 2 tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan teknik pemberian tugas, maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.Berdasarkan hasil analisis data mengenai pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dianalisis dengan statistik, yang menunjukkan t hitung 17,073. Yang selanjutnya dikonsultasikam dengan ttabel pada d.b = N â 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,049, ternyata hasilnya t hitung > t tabel (17,073 > 2,049). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan âAda pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017â, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Informasi Teknik Pemberian, dan Kemampuan Interaksi Sosial.
Copyrights © 2017