cover
Contact Name
Muhammad Rizky Nur Prakoso
Contact Email
muh.rizkynp@gmail.com
Phone
+6285647337639
Journal Mail Official
medikons.bkunisri@gmail.com
Editorial Address
muh.rizkynp@gmail.com ahmadjawandi@gmail.com
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
ISSN : 2528424X     EISSN : 2686651X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Guidance and Counseling for Disabled Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Career Planning Psychological Assessment Communication Techniques Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Family Counseling
Articles 236 Documents
PERAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED THERAPHY TERHADAP KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI PENERIMA MANFAAT DI PANTI PELAYANAN SOSIAL WANITA “WANODYATAMA” SURAKARTA TAHUN 2016/2017 Hera Heru SS, Nis Surti Zahro Mutiah
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.162 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Client Centered Therapy terhadap Kemampuan Penerimaan Diri Penerima Manfaat di Panti Pelayanan Sosial Wanita “WANODYATAMA” Surakarta Tahun 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di Panti Pelayanan Sosial Wanita “WANODYATAMA” Surakarta bulan Februari sampai 7 Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Data Primer berupa hasil wawancara dengan Penerima Manfaat yang sedang memiliki konflik. Data sekunder berupa dokumen, gambar dan hasil wawancara dengan Pekerja Sosial. Teknik cuplikan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian adalah 3 Penerima Manfaat yang memiliki kemampuan penerimaan diri rendah. Objek penelitian berupa kemampuan penerimaan diri melalui layanan konseling individu dengan pendekatan client centered therapy. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.Setelah diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan client centered therapy, kemampuan penerimaan diri penerima manfaat meningkat, yang ditunjukkan dengan selalu bersikap tenang dan memiliki kemampuan: mampu menerima dirinya terhadap lingkungan di Panti, mampu bersosialisasi, menyelesaikan masalahnya, optimis.Kata kunci: Layanan Konseling Individu, Pendekatan Client Centered Therapy, Penerimaan Diri
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Sri Hartini, Sofaningsih
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.819 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta.Bentuk penelitian kuantitatif. Populasinya semua siswa kelas VIII B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kemampuan interaksi sosial siswa, melalui 2 tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan teknik pemberian tugas, maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.Berdasarkan hasil analisis data mengenai pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dianalisis dengan statistik, yang menunjukkan t hitung 17,073. Yang selanjutnya dikonsultasikam dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,049, ternyata hasilnya t hitung > t tabel (17,073 > 2,049). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Informasi Teknik Pemberian, dan Kemampuan Interaksi Sosial.
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERCONTOHAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 SRAGEN admin, Arif Nur Hidayah Lydia Ersta K
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.062 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena layanan bimbingan dan konseling yang lebih didominasi oleh layanan klasikal dan cenderung diarahkan pada layanan bidang belajar. Belum ada layanan penguasaan konten yang mengarah pada karir siswa di luar layanan bidang belajar.Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui berpengaruh tidaknya layanan penguasaan konten teknik percontohan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sragen.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Sragen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 40 item pernyataan yang diberikan sebelum treatment dan sesudah treatment. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan uji t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten dengan teknik percontohan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 6%. Berdasarkan hasil analisis t-test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 4,2007 dan ttabel = 2,0017, jadi thitung > ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Ada pengaruh layanan penguasaan konten teknik percontohan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sragen.Kata Kunci: Motivasi berwirausaha, layanan penguasaan konten, teknik percontohan
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN ETIKA BERKOMUNIKASI DIMEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Lydia Ersta K, Roni Setyawan
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.987 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman etika berkomunikasi di Media Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018”.Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan waktu penelitian bulan Agustus 2917. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 231 siswa. Sampel penelitian sebanyak 32 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest pemahaman etika berkomunikasi di media sosial pada siswa adalah 97,72 sedangkan rata-rata postest pemahaman etika berkomunikasi di media sosial pada siswa adalah 118,47 Ada pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman etika berkomunikasi di media sosial pada siswa kelas VII di SMP N 23 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan (p value 0,000 < 0,05).Kata kunci : pemahaman, etika berkomunikasi,media social
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 Lydia Ersta Kususmaningtyasadmin, Artia Prameswari Putri
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.241 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 100 siswa, sampel penelitian menggunakan purposive quota Sampling sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk memperoleh data tentang perilaku agresif siswa, metode wawancara dipergunakan untuk mengetahui siswa yang berperilaku agresif yang akan dijadikan sebagai responden angket, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk mengetahui nama dari siswa kelas VIII dan beberapa siswa lain yang digunakan sebagai subyek uji coba instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi t- test.Berdasarkan analisis data secara empiris diperoleh nilai t hitung = 8,155, selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = 40 – 1 = 39 dan taraf signifikansi 5%, yaitu 2,020 diperoleh nilai tinggi. Hasil yang diperoleh menunjukkan 2,020 < 8,155 berarti t hitung > t tabel. Dengan demikian hipotesis “Ada pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017” terbukti kebenarannyaKata Kunci : Perilaku Agresif,Bimbingan Sosial.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X IPS4 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Hera Heru SS, Nur Aini Dewi Safitri
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.224 KB)

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan sosial terhadap kepedulian sosial pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kepedulian sosial, melalui 2 tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan bimbingan sosial, maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap kepedulian sosial siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, diperoleh nilai thitung sebesar = 7,126. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = N – 1 (40-1) = 39, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,021, dengan demikian maka nilai thitung lebih besar daripada ttabel, atau 7,126 > 2,021. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: “Ada pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap meningkatkan kepedulian sosial pada siswa X IPS 4 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Bimbingan Sosial, Kepedulian Sosial
PERAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI LANSIA DI POS LANSIA BINA SEJAHTERA KADIPIRO SURAKARTA TAHUN 2017 Fadjeri, Saiful Anwar
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.519 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Konseling Individu dengan Pendekatan Gestalt Terhadap Kemampuan Penerimaan Diri Lansia di POS Lansia Bina Sejahtera Kadipiro Surakarta 2017.Penelitian ini mengambil subyek pengurus di POS Lansia Bina Sejahtera berjumlah 2 orang dari keseluruhan pengurus berjumlah 17 orang. Peneliti tertarik memilih 2 orang pengurus inti yang diteliti yaitu ketua dan sekretaris yang dianggap paling berpengaruh di POS Bina Sejahtera.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi kemudian hasil dari sebuah penelitian tersebut dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa : Sebelum Konseling individu dengan pendekatan Gestalt dalam penerimaan diri, klien menganggap akan ketidak mampuan diri, tidak menghargai diri sendiri, Setelah diberikan konseling individu dengan pendekatan gestalt, maka ada perubahan sudah memiliki rasa penerimaan akan kelebihan maupun pada kekurangan pada diri sendiri, jadi untuk penerimaan diri lansia di pos bina sejahtera untuk klien S dan M ada kemajuan.Kata Kunci : Konseling Individu, Pendekatan Gestalt, Kemampuan Penerimaan Diri
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XI SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Fadjeri, Wildan Muhammad Irfan
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.969 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan efikasi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018.Bentuk penelitian eksperimental design. Populasinya seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 350 siswa, yang terdiri dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPA 6, XI IPA 7, XI IPA 8, XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan 1 kelas dari 12 kelas XI diambil dengan teknik Simple Random Sampling dengan cara undian dan hasil undian jatuh pada kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa 30. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi, untuk menganalisis data menggunakan rumus t-Tes.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 11,231. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,049 dan 1% = 2,756. Menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (2,042 < 11,231 > 2,756), maka hipotesis yang diajukan yaitu: “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok dan Efisikasi Diri.
PENGARUH ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 JATIPURNO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Linggawati, Devy Pramita
MEDIKONS Vol 3, No 1 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.527 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Etika Komunikasi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2016/2017”. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Total Sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan Interview. Metode angket digunakan dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan role playing dalam layanan bimbingan kelompok dengan etika komunikasi siswa, sedangkan interview dipergunakan untuk memperoleh data tentang nama responden. Teknik analisis data dengan t-test. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh role playing dalam bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2016/2017, diperoleh nilai sebesar = 15,407. Kemudian dikonsultasikan dengan pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan pada taraf signifikan 5% = 2,049 dan taraf signifikan 1% sebesar 2,756. Menunjukkan, bahwa nilai lebih besar daripada , atas dasar taraf signifikansi 5% maupun 1% atau (2,049 < 15,407 > 2,756). Sehubungan dengan hal tersebut, maka ditolak dan diterina yang berbunyi: “Ada Pengaruh Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Etika Komunikasi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci : Role Playing, Bimbingan Kelompok, Etika Komunikasi
PENGARUH LAYANA KONSELING INDIVIDU TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI EMOTIONAL INSECURITY PADA SISWA KELAS VII MTS AL-HIDAYAH GENENGADAL GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Hera Heru S. S, Arum Niara Rahma Hidayati
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.552 KB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan konseling individu terhadap anak yang mengalami emotional insecurity pada siswa kelas VIII MTs Al–Hidayah Genengadal Grobogan tahun pelajaran 2016 – 2017.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek yang diambil satu siswa yang berinisial S siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal dengan mengambil objek satu anak yang mengalami emotional insecurity. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara konseling dengan pendekatan kombinasi yang tepat antara pendekatan directive dan nondirective (dengan guru BK, Wali/orang tua siswa, dan siswa), observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan analisis data diperoleh data siswa yang berinisial S, melakukan penyimpangan antara lain: (1) Sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan/membolos. (2) Datang ke sekolah sering terlambat, (3) Sering gaduh dikelas dan melanggar tata tertib sekolah, (4) Malas belajar, (5) Selalu mengabaikan saat guru mengajar, (6) Berpakaian tidak rapi. Selanjutnya diadakan konseling dengan 3 pertemuan. Dari konseling pertama sampai ketiga siswa mengalami perubahan perilaku 83,4%, dan perlu diadakan bimbingan belajar, demikian hasil konseling “berpengaruh terhadap anak yang mengalami emotional insecuritypada siswa kelas VIII MTs Al–Hidayah Genengadal Grobogan Tahun Pelajaran 2016-2017.Kata kunci: Emotional Insecurity, Konseling Individu.

Page 1 of 24 | Total Record : 236