IndoMath: Indonesia Mathematics Education
Vol 1 No 2 (2018)

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Vektor

Suwarto Suwarto (STMIK Raharja)
Agustina Sri Purnami (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2018

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi dari hasil diskusi dengan guru, data awal berupa tes kemampuan kognitif dan pengamatan di kelas tentang masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika terkait vektor. Masalah yang muncul antara lain: siswa kurang mampu memahami konsep matematika pada materi vektor. Siswa cenderung dapat mengerjakan soal sesuai dengan contoh yang diberikan namun kurang mampu  mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika materi vektor yang berlangsung di sekolah masih bersifat informatif dan abstrak, sehingga pemahaman konsep pada materi vector kurang dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran materi vektor yang dapat  meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi vector yang didasrakan pada hasil analisis hypothetical learning trajectory (HLT) terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan jumlah sampel 30 siswa di SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian memberikan informasi untuk kajian penelitian selanjutnya dalam upaya pengembangan desain didaktik yang dihipotesiskan dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi vektor.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Indomath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

IndoMath is a journal published every 6 months ie February and August managed by Mathematics Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. IndoMath has p-ISSN 2614-5103 and e-ISSN 2614-5111 IndoMath is a Scientific Journal that publishes articles of research or review studies in the ...