Procediamath
Vol 1, No 1 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Yundha Ratnasari (Unknown)
Citra Dwi Rosita (Unknown)
Surya Amami Pramuditya (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching; (2) pengaruh aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis; (3) pengaruh aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis; (4) perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran menggunakan reciprocal teaching dengan pembelajaran konvensional; dan (5) perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat model pembelajaran menggunakan reciprocal teaching dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kadugede. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching terdapat peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir;(2) aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching berpengaruh sebesar 66,2% terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) aktivitas siswa dalam model reciprocal teaching berpengaruh sebesar 57,3% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional;dan (5) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, pemahaman matematis, komunikasi matematis

Copyrights © 2017