Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh
Vol 16 No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING FISIKA BERBASIS CAPTIVATE

Herawati, Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2015

Abstract

This paper describes the development process of Adobe Captivate  based e-learning teaching modules. The subject matter and the topic is Physics for high school students class X. There are five process in the development, firstly is information collection to determine the need of the developement process. Second is design phase includes determining topics of subject matter, designing multimedia and flowchart, and development of storyboard. Third is integration of storyboard into Adobe Captivate program and disigning multimedia such as  illustrations (picture, images), visualization (animation, video and audio), as well as packing an evaluation tool. Fourth is module evaluation. This stage involves review process of the content and media program by experts. Fifth is one to one tryout process. This process conducted in SMAN 83 East Jakarta for physics teacher in small group. The results showed that the topics in module quite good and suitable for high school students. Furthemore, the expert of media stated that the visual, animation, videos, sounds and interactivity Adobe Captivate based e-learning teaching module is very good. Meanwhile, teacher opinion about the trial of this module is quite suitable as evaluaton tool to assess the students achievement. Artikel ini menggambarkan proses pengembangan bahan ajar (modul) e-learning berbasis adobe captivate. Modul ajar yang dikembangkan adalah untuk mata pelajaran fisika dengan topik guru untuk siswa SMA kelas X. Pengembangan modul ajar berbasis Adobe Captivate meliputi beberapa proses tahapan yaitu: pertama, mengumpulkan informasi yang berguna untuk menentukan kebutuhan akan pengembangan modul ajar e-learning. Kedua adalah tahap disain yang meliputi pengembangan garis besar multimedia dan naskah mata pelajaran fisika yang akan dijadikan modul e-learning. Ketiga adalah tahap pengembangan modul ajar berupa pengintegrasian ke dalam program captivate dengan menentukan sistematika penyajian materi, ilustrasi (gambar), visualisasi (animasi, video dan audio), serta perancangan alat evaluasi. Keempat adalah tahap evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kelima adalah tahap ujicoba dalam skala kecil kepada guru fisika di SMA. Hasil menunjukkan bahwa sajian materi berdasarkan review ahli materi adalah cukup bagus, sedangkan penilaian ahli media menyatakan bahwa tampilan visual, suara, format penyajian dan interaktivitas modul ajar berbasis Adobe Captivate adalah bagus. Sementara itu uji coba kepada guru SMA menggambarkan bahwa modul ajar berbasis Adobe Captivate dapat dijadikan sebagai materi ajar terutama dalam pengembangan bank soal sebagai alat evaluasi untuk menilai pemahaman siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPTJJ

Publisher

Subject

Education

Description

Merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas ...