Abstrak. Pentingnya penggunaan strategi pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang dimiliknya guna menunjang kemampuan dalam memecahkan masalah matematika menjadi dasar pemilihan strategi REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas VIII SMP N 3 Pabelan Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan pada materi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Only Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Pabelan Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII A (20 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B (19 siswa) sebagai kelas kontrol. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan Shapiro-wilk, dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Keseluruhan uji menggunakan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa kelas VIII SMP N 3 Pabelan Kabupaten Semarang. Kata Kunci. strategi REACT, kemampuan pemecahan masalah matematis, aljabar.
Copyrights © 2018