Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Vol 6, No 3 (2016): Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar

Adi Permana (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dan mengetahui pengaruh/ interaksi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa universitas Indraprasta program studi pendidikan bahasa Indonesia. Sampel terdiri atas 84 mahasiswa yang dibagi ke dalam enam kelas penelitian yang masing terdiri atas 14 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey Expose Facto dengan analisis Anova dua arah dengan desain faktorial 2x3. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dibuktikan sig untuk gaya belajar 0,00 < 0,05. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dibuktikan sig untuk motivasi belajar 0,037 < 0,05. Terdapat pengaruh interaksi gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah. Hal ini ditandai dengan nilai sig interaksi gaya belajar dan motivasi belajar siswa 0,002 < 0,05 dan didukung dengan perolehan nilai F hitung diamana Fhitung 6,87 > Ftabel 3,96.Kata Kunci : Gaya Belajar, Motivasi, Kemampuan Belajar IAD, Pengaruh.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Formatif

Publisher

Subject

Education

Description

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (ISSN 2502 5457 for the electronic version and ISSN 2088 351X for the print version) first published in April 2011 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory ...