Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi
Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012

KINERJA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YANG DIMODERASI KEPUASAN KONSUMEN

Trisnanugraha, Rio (Unknown)
Luk, Luk (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh langsung kinerja pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Menguji pengaruh langsung kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan menguji hubungan antara kualitas kinerja (kinerja pelayanan) terhadap loyalitas konsumen dengan dimoderasi kepuasan konsumen. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisa statistik yang digunakan adalah analisis regresi moderated (MRA). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, keterjaminan, dan empati pada kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Variabel kualitas pelayanan dengan dimensi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, keterjaminan, dan empati pada kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 42,1%. Sedangkan sebesar 57,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diuji. Ada pengaruh langsung dari kualitas dan kepuasan pelayanan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hasil ini menunjukkan signifikan pada level < 0,05 maka hipotesis diterima. Hasil pada nilai t hitung>t tabel (3,146 > 1,660) dengan signifikansi sebesar 0,012, maka hipotesis diterima.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

bisnisekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Analisis Bisnis Ekonomi is a journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Magelang, published twice a year in April and October. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange and scientific work between faculty, alumni, ...